Monday 30 January 2023

Audiensi dan advokasi kepada pemerintah, perusahaan, dan sektor swasta yang peduli dengan ODHA yang memiliki keterampilan, 25 Januari 2023 Samarinda, Kalimantan Timur

 "Audiences  and advocacy to the government, companies, and the private sector who care about people living with HIV who have skills".




LATAR BELAKANG

Pertemuan  ini  merupakan  bentuk   pertemuan   Audiensi   dan  advokasi   kepada   pemerintah, perusahaan,  clan  sektor  swasta  yang  peduli  terhadap  ODHIV  yang  telah  memiliki   keterampilan tanpa   ad stigma   dan   dis.kriminasi. Penekanan pertemuan dari Program Yayasan Harapan Taheta atas dukungan Gilead Inc. ini yang di laksanakan bersama lembaga mitra Mahakam Plus merupakan tindaklanjut dari  pertemuan stakeholders sebelumnya. Dimana pertemuan dilaksanakan di Yen's Delight  Coffee Pastry  & Resto, Jl. Juanda  6, 25 Januari 2023. Dihadiri 25 peserta dari lembaga pemerintah seperti; Dinas social, dinas tenaga kerja, Komisi Penanggulangan AIDS, PKBI, Yayasan Laras dan beberapa mitra UMKM yang telah berhasil merintis usaha Kecil-Menengah.

TUJUAN PERTEMUAN

  • Adanya   peran  nyata  dari  stakeholder  maupun  pengambil kebijakan   untuk  turut membantu ODHA  dalam mendapatkan hak pekerjaan tanpa ada stigma dan diskriminas
  • Para  Stakeholder dan  pengambil  kebijakan  membantu   memfasilitasi  pengembangan usaha kelornpok maupun  perorangan serta memfasilitasi ODHA  yang  memiliki  keterampilan kerja untuk mendapatkan peluang  kerja.

HASIL PERTEMUAN

  • Masih ada kejadian kasus ODHIV setelah di ketahui statusnya langsung diberhentikan. Namun ada langkah dari lembaga yang turut peduli terkait kasus ini memberikan pendekatan lobby dan advokasi kepada pimpinan perusahaan tersebut sekaligus di berikan pemahaman tentang HIV. Akhirnya ODHIV tersebut masih dipekerjakan.
  • Dukungan pemerintah untuk mengembangkan Usaha kecil-menengah bagi Komunitas ODHIV diSamarinda masih sangat terbatas. Hal ini karena terkait kebijakan aturan internal lembaga.
  • Ada kesepakan bersama para lembaga seperti Yayasan Laras, PKBI untuk duduk bersama dalam membantu berupaya  adanya dukungan dari lembaga pemerintah/ swasta dalam mengembangan usaha produktif dan mandiri bagi kelompok komunitas Sebaya ODHIV.






0 komentar:

Post a Comment