Thursday 25 May 2023

“Pertemuan Lintas Sektor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palangkaraya”

Pertemuan Lintas Sektor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palangkaraya” 
Aula Peteng Karuhei I, Kantor Walikota,Palangkaraya 24 Mei 2023



Yayasan Harapan Taheta (YHT) menghadiri undangan pertemuan Lintas Sektor yang diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palangkaraya dengan dihadiri oleh lembaga pemerintah serta Lembaga/NGO’s yang konsern terhadap HIV-AIDS.

Pada pertemuan tersebut sebagai salahsatu wadah untuk menggali informasi serta permasalahan terkait perkembangan kasus HIV-AIDS di Kota Palangkaraya. Pertemuan ini langsung dipimpin oleh Sekretaris KPA Ibu. Susi Idawati Hasbi.

Kondisi saat ini temuan kasus HIV baru trus terjadi, namun tidak sedikit temuan kasus tersebut tidak mau menjalankan terapi pengobatan. Temuan kasus terbanyak saat ini didominasi pada kelompok MSM mengingat program penjangkauan yang dilakukan lebih giat dilakukan pada kelompok tersebut, sedangkan pada kelompok PSP kurang optimal dilakukan. Hal ini menjadi catatan dalam Upaya penganggungan HIV-AIDS di kota Palangkaraya bahwa kelompok dalam temuan kasus tersebut menjadi bagian sebagai Tracing kasus positif HIV. Menjadi perhatian khusus bahwa temuan kasus HIV lebih banyak pada melakukan hubungan Seks (80%) lebih dari 1 pasangan (Hetero maupun homosex) di kalangan remaja dewasa. Dapat disimpulkan ada potensi Kota Palangkaraya  menjadi Darurat Perilaku Seks tidak sehat yang berdampak meningkatnya kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV.

Bersama kita hentikan Penularan, dengan berperilaku Seks yang sehat













0 komentar:

Post a Comment