Thursday 21 September 2023

Pertemuan Komunitas Peduli HIV, 14 September 2023

Pertemuan Komunitas oleh PKBI Kota Palangkaraya, kamis 14 September 2023, bertempat di JS Kitchen & Lounge Kota Palangkaraya


Bersama dengan perkumpulan keluarga berencana Indonesia (PKBI) cabang kota palangkaraya, Yayasan Harapan Taheta (YHT) membantu memfasilitasi pertemuan komunitas yang dilaksanakan pada hari kamis, 14 september 2023. Pertemuan kali ini dihadiri oleh KPA kota Palangkaraya dan juga teman-teman komunitas penjangkau lapangan maupun pendamping sebaya. PKBI Kota Palangkaraya Juga mengundang mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNU). Seperti yang kita ketahui mahasiswa memiliki peran penting sebagai front liners yang bertugas menyampaikan segala bentuk ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum, sehingga tidak terlepas pada penyampaikannya terkait masalah HIV/AIDS terkhusus untuk remaja dan anak muda.

Pada pertemuan kali ini PKBI Kota Palangkaraya berupaya meningkatkan kapasitas petugas lapangan dalam pelaksanaan skrining HIV mandiri dan membangun komitmen bersama dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS dengan mitra lainnya di Kota Palangkaraya. Seperti yang kita ketahui kondisi saat ini temuan kasus HIV masih kerap terjadi terutama dikalangan remaja. Namun, tidak hanya kenakalan remaja saja yang banyak menimbulkan temuan kasus HIV baru, namun kekerasan seksual juga ikut andil dalam penyebaran virus HIV/AIDS. 

Terlebih akhir-akhir ini sempat terjadi kelangkaan obat ARV jenis TLD yang salah satu faktornya disebabkan oleh banyaknya temuan kasus HIV baru dan menimbulkan banyak keresahan bagi ODHIV yang sudah menjalani pengobatan, sehingga ODHIV beralih mengkonsumsi ARV jenis TLE yang banyak menyebabkan efek samping yang beragam  bagi tiap-tiap ODHIV. Oleh sebab itu, pentingnya peningkatan kapasitas petugas lapangan, penjangkauan maupun pendampingan serta pengetahuan terhadap teman-teman ODHIV agar penyebaran epidemi virus HIV dapat dihentikan.






0 komentar:

Post a Comment